BERITA TERKINI

Tuesday, October 15, 2013

Perusahaan asing haram investasi di pulau terluar Indonesia

Perusahaan asing haram investasi di pulau terluar Indonesia
Keutuhan Indonesia sebagai negara kepulauan harus benar-benar dijaga. Salah satu caranya, pemerintah melarang perusahaan asing untuk berinvestasi di pulau terluar. Alasannya, investasi di pulau terluar berpotensi merusak kedaulatan. Direktur Jenderal KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad mengaku sangat selektif mencari mitra dalam pengembangan pulau terluar.
"Selama ini untuk pulau kecil dan terluar kita selektif calon mitra, tidak boleh unsur perusahaan asing. Seleksi secara terbuka mengikuti standar ekonomi maupun pertahanan kita," kata Sudirman ketika ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Senin (14/10).
Saat ini ada 92 pulau kecil dan terluar yang harus dijaga kedaulatannya. Dari 92 pulau itu, 31 pulau merupakan pulau berpenghuni dan 61 lainnya tidak berpenghuni sama sekali.
"Pendekatan karakter kita lakukan berbeda-beda. Yang berpenghuni prioritasnya dengan meningkatkan kesejahteraan. Kalau mereka sejahtera akan meningkatkan ketahanan kita," katanya.
Untuk pulau yang tidak berpenghuni, Sudirman melakukan dua metode pendekatan yaitu metode potensi ekonomi dan ketahanan secara utuh.
"Tidak berpenghuni dua pendekatan. Pertama dengan peluang ekonomi, kedua dengan kekuatan marinir di sana, seperti pulau di Papua Barat. Tapi untuk investasi pulau terluar betul-betul perusahaan nasional," ucapnya.

Perusahaan asing haram investasi di pulau terluar Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment