BERITA TERKINI

Tuesday, October 15, 2013

Assad sebut Nobel Perdamaian seharusnya diberikan kepada dia

Assad sebut Nobel Perdamaian seharusnya diberikan kepada dia
Presiden Suriah Basyar al-Assad kemarin mengeluarkan candaan dengan mengatakan bahwa Penghargaan Nobel Perdamaian seharusnya dianugerahkan kepada dirinya. Assad mengatakan Nobel Perdamaian itu, yang akhirnya jatuh kepada Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPWC) pada Jumat pekan lalu, seharusnya menjadi milik dia, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Senin (14/10), mengutip laporan surat kabar asal Libanon Al-Akhbar.
Al-Akhbar menjelaskan bahwa pernyataan itu dibuat Assad sebagai gurauan, di saat dia mengomentari pemberian Nobel Perdamaian kepada OPWC, organisasi pengawas senjata kimia yang bekerja di Suriah untuk menghancurkan gudang persenjataan kimia milik rezim Assad sampai pertengahan 2014.
Al-Akhbar juga melaporkan bahwa Assad telah mengusulkan pada 2003 agar semua negara di wilayah itu harus menyerahkan semua senjata pemusnah massalnya.
Namun, koran itu tidak mengatakan kapan Assad membuat komentar terkait Penghargaan Nobel Perdamaian itu.
OPCW dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memiliki 60 tim ahli dan staf pendukung yang ditempatkan di Suriah sejak 1 Oktober lalu, meski perang sipil masih terus berkecamuk.
Tim itu mulai melakukan pekerjaan setelah adanya sebuah terobosan resolusi dari Dewan Keamanan PBB pada bulan lalu yang meminta agar persediaan senjata kimia Suriah dihancurkan.
Resolusi itu datang setelah adanya sebuah serangan kimia di pinggiran Ibu Kota Damaskus pada 21 Agustus lalu yang menewaskan ratusan orang, dan diikuti ancaman serangan dari Amerika Serikat terhadap rezim Basyar al-Assad.
Konflik Suriah pecah setelah pasukan keamanan Suriah melancarkan sebuah penumpasan brutal terhadap pengunjuk rasa anti-Assad, yang meletup pada Maret 2011 lalu.
Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi mengatakan sejauh ini sudah lebih dari 115 ribu orang tewas dalam konflik itu.

Assad sebut Nobel Perdamaian seharusnya diberikan kepada dia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment