BERITA TERKINI

Wednesday, October 16, 2013

Apple Rekrut CEO Burberry

Apple Rekrut CEO Burberry

Baru-baru ini Apple Inc. diberitakan telah merekrut Angela Ahrendst masuk ke dalam jajaran petinggi perusahaan teknologi paling beharga sedunia ini. Angela menduduki posisi Senior Vice President (SVP) untuk bidang Retail. Hal ini berarti Angela akan bertanggungjawab terhadap penjualan smartphone dan tablet paling banyak diminati sedunia, iPhone dan iPad, selain jajaran keluarga Mac dan iPod.
Lalu siapakah Angela Ahrendst? Wanita kelahiran Indiana, Amerika Serikat pada 12 Juni 1960 ini, dikenal di industri fashion sebagai orang yang berjasa membawa merk Burberry ke dalam jajaran merk papan atas dunia. Angela bergabung dengan Burberry pada 2006 dan jabatan terakhirnya adalah CEO untuk merk produk fashion yang bermarkas di Inggris ini. Ia dikenal sebagai wanita yang banyak bergaul di kalangan jetset karena pekerjaannya, tetapi sehari-hari bersikap down to earth. Angela tahun lalu dinyatakan sebagai CEO bergaji tertinggi di Inggris dengan mangantongi sekitar US$26,3 juta per tahun.
Seperti diberitakan The Guardian, Angela paling sedikit akan menerima gaji berlipat ganda dibandingkan sebelumnya dari Apple. Sebuah angka yang menakjubkan untuk jabatan yang sempat setahun kosong di Apple ini. Sepertinya hal ini sejalan dengan arah kebijakan Apple yang akan mempercepat pertumbuhan jumlah Apple Store di lebih banyak negara. Saat ini ada 400 lebih jumlah Apple Store yang tersebar di 13 negara dan Apple Store online yang beroperasi di 38 negara. Apple Store tercatat sebagai toko retail dengan pendapatan tertingggi di AS per satuan luas lantai yang pada 2011 mencatat penjualan sekitar US$ 16 miliar.
Terakhir kali jabatan SVP Retail dipegang oleh John Browett, mantan boss jaringan toko elektronik terkemuka di Inggris, Dixons. Konon John menerima tawaran gaji sebesar US$56 juta per tahun, tetapi dia tidak pernah menerima utuh gaji tersebut karena ia hanya menduduki jabatannya selama 6 bulan. Ia dipecat pada Oktober tahun lalu. Pendahulu John Browett adalah Ron Johnson dianggap sukses karena telah mengubah toko komputer yang biasanya membosankan menjadi area bermain yang stylish penuh dengan gadget.
Angela Ahrendts selama ini juga dikenal sebagai wanita yang “melek” teknologi dan dekat dengan produk Apple. Hal itu dibuktikan dengan merekam fashion show Burberry yang sepenuhnya direkam menggunakan iPhone 5s dan disiarkan via Internet ke seluruh dunia.
Harapan Apple terhadap Angela sepertinya  tetap mempertahankan citra Apple Store yang stylish sambil mendorong perkembangannya di banyak negara. Apalagi Angela dianggap sukses telah melebarkan sayap outlet high fashion Burberry ke seluruh jagat, termasuk di China. Selama ini jumlah Apple Store relatif masih sedikit dibandingkan dengan animo terhadap produk Apple yang terus meningkat di banyak negara.
Di banyak negara, termasuk Indonesia, penjualan produk Apple masih dilakukan oleh reseller, bukan toko resmi milik Apple. Kita tunggu saja gebrakan Angela Ahrendts yang saat ini menjadi satu-satunya wanita di jajaran petinggi Apple. Dengan demikian, Angela menambah jumlah wanita yang berpengaruh di industri teknologi.

Apple Rekrut CEO Burberry Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment